Minggu, 02 Juni 2013

ELECTRONIC BUSINESS SYSTEMS

e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan transaksi. Salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis ini melingkupi system, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha.
Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.
7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business
  1. Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
  2. Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
  3. Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
  4. Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
  5. Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
  6. Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
  7. Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
A.    CROSS – FUNCTIONAL SYSTEMS
Dalam Cross Functional System ini bertujuan untuk mengembangkan batas-batas dari fungsi bisnis dengan cara tradisional  dan untuk meningkatkan proses bisnis yang vital dalam seluruh perusahaan serta untuk mempermudah dalam REENGINERING.
Adapun Gambar Cross Functional Systems :
1.      Customer Feedback    : Informasi yang datang langsung dari pelanggan tentang kepuasan atau ketidakpuasan mereka setelah menggunakan produk atau jasa.
2.      Market Research         : Mencari tahu tentang “pasar” (informasi tentang pasar, selera konsumen) yang berkembang pada saat itu.
3.      Market Test                 : teknik yang digunakan selama pengembangan produk untuk menentukan bagaimana orang menanggapi produk. Dengan menggunakan informasi dari tes pemasaran, pengembang produk dapat menyempurnakan produk untuk membuat mereka lebih komersial sebelum memulai sebuah proyek luas peluncuran produk.
4.      Component Design     : Komponen Apa saja yang di perlukan untuk mendesain suatu produk/ jasa.
5.      Product Test                : Menguji suatu kemampuan produk/ jasa sebelum di resmikan tujuannya untuk mendapatkan simulasi sesungguhnya dari produk yang diproduksi.
6.      Product Release          : Peresmian Product dengan dikomunikasikan kepada media dan pers agar diketahui oleh public.
7.      Process Design                        : Desain dari proses untuk fisik yang diinginkan atau perubahan kimia dari bahan, desain proses merupakan pusat untuk teknik kimia dan melibatkan seluruh komponen yang diperlukan untuk membuat product secara sempurna.
8.      Equipment Design      : Peralatan yang digunakan untuk melengkapi suatu design.
9.      Production Start          : Tahap dimana untuk memulai produksi suatu barang setelah beberapa tahapan di atas dilakukan.
ENTERPRISE APPLICATION ARCHITECTURE
Pada umumnya application Architecture digunakan untuk struktur internal aplikasi digunakan untuk modularisasi perangkat lunak.
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)\
Didalam teknologi digunakan untuk menciptakan suatu perusahaan lintas fungsional,  sistem yang terintegrasi dan automates yang banyak digunakan dalam proses penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan. Membuat kerangka web dan database yang mengintegrasikan proses ini dengan proses seluruh perusahaan yang ada.
CRM APPLICATIONS CLUSTERS



1.      CONTRACT AND ACCOUNT MANAGEMENT
·         Membantu penjualan, pemasaran dan layanan profesional
·         Menangkap dan mencari data tentang masa lalu dan mencari kontak pelanggan untuk prospek masadepan.
2.      SALES
Menyediakan agen penjualan dengan perangkat lunak dan data yang mereka butuhkan untuk mendukung dan mengelola kegiatan penjualan
·         Cross-Selling : Mencoba untuk menjual satu produk dengan produk terkait kepada pelanggan.
·         Up-Selling       : Mencoba untuk menjual produk yang lebih baik daripada produk yang ada, dalam rangka mencari pelanggan.
3.      MARKETING DAN FULFILLMENT
Untuk membantu pemasaran dan mencari target pemasaran dan perencanaan yang tepat untuk sasaran promosi secara langsung oleh pihak professional marketing.
4.      CUSTOMER SERVISE AND SUPPORT
Menyediakan agen penjualan dengan perangkat lunak dan akses ke database pelanggan. Dengan professional penjualan dan pemasaran membantu menciptakan, menetapkan dan mengelola permintaan.
·         Layanan Call center perangkat lunak rute panggilan ke agen dukungan pelanggan berdasarkan keterampilan dan jenis panggilan.
·         Help desk software menyediakan data layanan yang relevan dan saran untuk menyelesaikan masalah untuk perwakilan Layanan Pelanggan yang membantu pelanggan dengan masalah yang pelanggan hadapi.
5.      RETENTION AND LOYALTY PROGRAMS
Mencoba untuk membantu sebuah perusahaan mengidentifikasi  hadiah, dan pasar yang paling setia dan menguntungkan perusahaan . Pertambahan alat Data dan analisis nasabah data warehouse sangat membantu dalam perusahaan tersebut.
 CRM SUPPORT CUSTOMER LIFE CYCLE



ERP APPLICATION COMPONENTS



SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)
Lintas sistem fungsional untuk membantu mendukung dan mengelola hubungan antara perusahaan dengan pemasok, pelanggan dan mitra bisnis. Tujuan dari SCM adalah untuk memudahkan perusahaan mendapatkan hubungan bisnis atau rantai pasokan yang Cepat, efisien, murah jaringan dari konsep produk ke pasar.
 ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI)
Dengan adanya EDI ini memudahkan untuk bertransaksi bisnis melalui internet dan jaringan antara rantai pasokan mitra dagang dan perusahaan.

B.    FUNCTIONAL BUSINESS SYSTEMS
Business Sistem berfungsi untuk mendukung dalam hal akuntansi, finance, pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia.
Contoh fungsi dari e_business:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar